Selamat Kembali Bekerja Presiden & Wakil Presiden Indonesia : Siapa Saja Mentri yang Terpilih ?


20 Oktober 2019, tepat dimana menjadi hari pelantikan Presiden dan Wakil Presiden yang terpilih pada pemilihan umum 17 April kemarin. Semoga dapat membawa hari baru untuk Indonesia yang lebih baik. Setelah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden hari ini, Presiden akan mengumumkan susunan mentri yang akan membantunya menjalankan tugas selama masa pemerintahanya. Siapa saja kah calon mentri jokowi tersebut? Kita perlu menunggu hingga esok hari (21/10/2019) karena presiden akan mengumumkan jajaran mentrinya.

Susunan mentri yang akan membantu tugas Presiden dan Wakil Presiden idealnya diisi oleh orang-orang yang profesional dibidangnya. Beberapa pos mentri yang selalu diisi oleh kalangan profesional adalah kementrian keuangan, kementrian luar negri, kementrian pertahanan, kementrian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, serta kementrian pekerjaan umum dan perumahan rakyat. Indonesian Corruption Watch (ICW) menilai bahwa pos mentri jangan hanya diisi oleh mereka yang berjasa dalam pemilu namun juga harus diisi oleh sosok yang profesional dan bertanggung jawab. Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai bahwa komposisi yang seimbang antara kalangan partai politik dan profesional pada jajaran mentri akan mendukung jalannya pemerintahan yang baik.

Beberapa pos mentri yang seharusnya tidak diisi oleh kalangan partai politik yang tidak professional pada bidang tersebut akan memberikan kinerja yang buruk, apalagi jika pos kementrian tersebut menyangkut hajat banyak rakyat seperti kementrian dibidang ekonomi. Jangan memberikan pos penting ini kepada mereka yang hanya memiliki kepentingan jangka pendek dipemerintahan. 

Harapannya jika pos kementrian banyak dipegang oleh para profesional, maka keputusan yang akan dibuat oleh setiap mentri akan lebih objektif dan tidak akan ditumpangi oleh kepentingan-kepentingan orang yang hanya ingin meluruskan jalannya sendiri atau memperkaya diri sendiri serta golongannya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aksi Reformasi Mahasiswa Indonesia

Jika Saja Pejabat Berorganisasi Seperti Kami Mahasiswa Beroganisasi

Urgensi Perppu KPK : Satu-satunya Solusikah?