PERMASALAHAN SEPUTAR ILMU HUKUM

Ilmu hukum, masih saja termasuk salah satu jurusan yang diminati oleh mahasiswa. Beberapa lulusan SMA di Indonesia, tampak menjadikan ilmu hukum sebagai salah satu studi yang diminati. Jika kita perhatikan, beberapa permasalahan penegakan hukum dan perlindungan hukum, masih menjadi topik yang menarik di Indonesia. Dasar hukum perlindungan dan penegakan hukum, merupakan topik diskusi yang ada di berbagai media massa.

Pertanyaan Seputar Hukum

Lantas, apa yang menarik dengan ilmu hukum? Ilmu hukum, memang tak akan lepas dengan sendi-sendi kehidupan bernegara dan bermasyarakat. Baru-baru ini misalnya, topik perihal dijatuhkannya hukuman kebiri bagi pelaku kejahatan pada anak di bawah umur, telah menjadi sorotan publik. Beberapa pertanyaan seperti, apa itu hukum kebiri, telah menghiasi mesin pencarian di internet. Hukum kebiri adalah hukuman yang baru-baru ini dijatuhkan oleh hakim, terkait dengan pelaku kejahatan yang telah memperkosa 9 anak di bawah umur di wilayah Mojokerto, Jawa Timur. 

Sebagian masyarakat, menganggap hukuman ini cukup adil. Namun di sisi lain, seperti Komnas HAM misalnya, menganggap hukuman kebiri yang diberikan kepada tersangka, telah merendahkan martabat pelaku. Selain itu, juga disebut merendahkan martabat penegakan hukum dan keadilan di Indonesia.

Hukum Agama

Selain berdasarkan kasus hukum yang tengah marak di masyarakat, pertanyaan seputar hukum, juga terjadi di lingkungan religius. Pertanyaan seputar kegiatan haji misalnya, diakui telah menjadi pertanyaan rutin. 

Hampir setiap dilaksanakannya ibadah haji, pertanyaan seputar hukum shalat idul adha, hukum memotong kuku dan rambut, pemilihan hewan qurban, serta siapa yang berhak memakan hewan kurban, selalu menjadi topik perbincangan. Dalam hal ini, diperlukan referensi terkait dasar ilmu hukum agama.

Pada bagian masyarakat yang lain, juga timbul pertanyaan seputar hukum melihat salib, hukum mengucapkan selamat hari raya, hukum mendatangi tempat ibadah lain, dan lain sebagainya. Beberapa hal tersebut, menunjukkan betapa pentingnya telaah mendalam, yang terkait dengan serba-serbi ilmu hukum.

Itulah kiranya, mengapa masyarakat masih memiliki minat yang tinggi terhadap ilmu hukum. Entah itu berhubungan dengan permasalahannya, aparat penegak hukumnya, atau yang terkait dengan profesi pada bidang hukum.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aksi Reformasi Mahasiswa Indonesia

Jika Saja Pejabat Berorganisasi Seperti Kami Mahasiswa Beroganisasi

Urgensi Perppu KPK : Satu-satunya Solusikah?